Indomigran – Hingga saat ini, bekerja menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ataupun Tenaga Kerja Wanita (TKW) masih banyak diminati oleh masyarakat.

Namun, tidak sedikit calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ataupun Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang kurang berhati-hati dengan para oknum-oknum tak bertanggung jawab saat melakukan pendaftaran atau melamar kerja untuk ke luar negeri.

Tidak jarang, calon ataupun Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ataupun Tenaga Kerja Wanita (TKW) pada akhirnya harus mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ataupun Tenaga Kerja Wanita (TKW) adalah penempatan kerja yang resmi.

Apa yang harus diantisipasi oleh calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ataupun Tenaga Kerja Wanita (TKW) agar bisa terhindar dari penempatan ilegal?

Baca juga  TKI Legal dan Ilegal yang Wajib Anda Pahami Sebelum Mendaftar

Dilansir dari laman Instagram @bp2mi_ri, berikut ini merupakan modus-modus penawaran penempatan ilegal Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan Tenaga Kerja Wanita (TKW).

1. Biasanya, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ataupun Tenaga Kerja Wanita (TKW) akan diiming-imingi penawaran gaji besar.

2. Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ataupun Tenaga Kerja Wanita (TKW) akan ditawari bisa cepat mendapatkan kerja di luar negeri.

3. Kerja Indonesia (TKI) ataupun Tenaga Kerja Wanita (TKW) tidak menggunakan visa kerja saat bekerja ke luar negeri.

4. Kerja Indonesia (TKI) ataupun Tenaga Kerja Wanita (TKW) bisa bekerja ke luar negeri walaupun usia masih di bawah 18 tahun.

5. Memalsukan dokumen.

6. Agen penyalur Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ataupun Tenaga Kerja Wanita (TKW) tidak terdaftar di SISKOP2MI.

Baca juga  Tertarik Kerja di Australia? Simak Keuntungan dan Syarat-Syaratnya

Lalu apa yang bisa dilakukan oleh calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ataupun Tenaga Kerja Wanita (TKW) untuk memastikan bahwa penempatannya resmi?

Anda para calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan Tenaga Kerja Wanita (TKW), dapat mengunjungi laman bp2mi.go.id atau menghubungi BP3MI terdekat.

Pastikan anda tetap berhati-hati sebelum mendaftar atau melamar pekerjaan, dan selalu cek terlebih dahulu bahwa agen penyalur TKI yang dipilih adalah resmi dan terdaftar di sistem BP2MI.

Hal di atas dilakukan agar para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ataupun Tenaga Kerja Wanita (TKW) bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti salah satunya adalah penipuan.***