Indomigran – Bagi yang ingin mencari rezeki di negeri orang dengan menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI) mungkin penasaran di negara mana gaji TKI yang paling besar.

Menjadi TKI atau yang disebut juga tenaga kerja Indonesia (PMI) memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pencari kerja.

Berdasarkan data Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau pekerja migran Indonesia mencapai 3,7 juta pekerja.

Para pekerja migram yang tercatat resmi dan sesuai prosedur itu tersebar di 150 negara. Sedangkan berdasarkan data World Bank, jumlah TKI di luar negeri sebanyak 9 juta. Data yang dihimpun World Bank ini dinilai akurat sebab telah melalui penelitian ilmiah.

Tak sedikit warga negeri ini, terutama kaum perempuan yang memiliki keinginan untuk bekerja sebagai TKI di luar negeri. Motivasi tersebut hadir dilandasi karena alasan ekonomi maupun pengalaman kerja.

Baca juga  Rekomendasi Negara Ramah Imigran yang Paling Diincar WNI

Namun pertanyaan yang sering muncul terkait TKI yakni berapa gaji yang akan didapatkannya. Setiap negara tentunya memiliki kebijakan tersendiri mengenai berapa besaran gaji yang akan didapatkan oleh TKI.

Berikut daftar gaji TKI di sejumlah negara seperti dihimpun dari berbagai sumber:

1. Gaji TKI di Taiwan
Seperti dilansir dari Bisnis.com, Taiwan merupakan salah satu negara memberikan gaji tinggi kepada para TKI. Rata-rata gaji para pekerja di Taiwan mencapai Rp10 juta per bulan.

Gaji tersebut bisa bertambah apabila TKI mendapat uang lembur. Total gaji yang diterima TKI di sana mungkin bisa berkisar Rp12 juta-Rp15 juta per bulan.

2. Gaji TKI di Singapura
Singapura juga masuk menjadi negara yang memberikan gaji tinggi kepada para TKI. Setiap bulannya, pekerja dapat membawa pulang hingga Rp15 juta per bulan.

Baca juga  Negara Tujuan untuk PMI yang Paling Menjanjikan, Jadi Rekomendasi!

3. Gaji TKI di Korea Selatan
Rata-rata gaji TKI yang bekerja di Korea Selatan juga terhitung besar di tiap bulannya. Dalam satu bulannya, TKI bisa membawa pulang Rp8 juta-Rp10 juta belum termasuk gaji lemburnya.

Biaya hidup di Korea Selatan pun terhitung masih terjangkau, yakni sekitar Rp2 juta-Rp3 juta per bulan. Hal ini menjadikan TKI dari Indonesia di Korea Selatan terus bertambah.

4. Gaji TKI di Finlandia
Menjadi negara paling diminati di dunia, ternyata budaya bekerja di Finlandia juga terkenal sangat ramah untuk para TKI. TKI di Finlandia bisa mendapat gaji rata-rata hingga Rp30 juta per bulan dengan biaya hidup yang disebut masih terjangkau.

Baca juga  Inilah 5 Negara Tujuan TKI Dengan Gaji Tertinggi

5. Gaji TKI di Turki
Melansir expatguideturkey.com dari idxchannel, kisaran gaji TKI yang bekerja di Turki bisa mendapatkan setidaknya Rp3,63 juta per bulan. Gaji yang didapatkan tentunya akan bergantung pada sektor pekerjaan yang ditekuni atau dilakukan.

Jika dibandingkan dari beberapa kota di Turki, gaji rata-rata yang didapatkan oleh TKI bisa mencapai angka Rp7,82 juta.

Itulah gambaran daftar gaji TKI atau PMI yang bekerja di luar negeri.